English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) dengan Flash

Pusing ngelamar kerja ngga ke terima-terima? :D jangan putus asa gitu dong..!! harus tetap semangat nyari kerjanya hehehe.. *so, jadi motivator* Ngomong-ngomong masalah nyari pekerjaan , taktiku jadi teringat dengan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pada saat melamar pekerjaan salah satunya adalah Daftar Riwayat Hidup atau bahasa kerennya Curriculum Vitae disingkat menjadi CV. Lalu penting kah Tampilan suatu CV?? Kalau menurut taktiku penting ngga penting sih.. yang penting kan isinya.. tapi, ada sebagian orang yang menganggap penting juga sih, kenapa? karena tampilan CV yang bagus akan menunjukan bahwa si pelamar adalah seorang yang mempunyai kreatifitas tinggi, apalagi jika perusahaan yang anda lamar adalah perusahaan yang bergerak di bidang desain.

CV seperti ini juga pernah taktiku pake untuk melamar freelance (kerja paruh waktu) ke salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang desain, perusahaannya di Jakarta taktiku melamarnya lewat internet dan alhamdulillah keterima, kerjanya online gitu deh.. :D kok jadi curhat ya…

Ok kita langsung saja praktekan tutorialnya. Seperti biasa sebelumnya anda download dulu open source filenya disini.



Setelah file yang tadi di download di buka kemudian klik Window > Library, stelah jendela Library muncul kemudian double klik Movie Clip data yang terdapat pada folder Edit. (lihat gambar).


Sudah?. Langkah selanjutnya klik Layer 1. Baik, sekarang taktiku akan menjelaskan nomer frame untuk penempatan isi CV anda:

Frame 1 adalah untuk judul CV, Frame 2 untuk Bio Data, Frame 3 untuk Pendidikan Formal, Frame 4 untuk keahlian, dan Frame 5 untuk Pengalaman. Yang nantinya akan di munculkan sesuai dengan label button.


Sebelum anda memasukan daftar riwayat hidup anda kedalam flash sebaiknya anda tuliskan didalam Microsoft office word seperti Bio Data, Pendidikan Formal, Keahlian, dan Pengalaman, agar terlihat lebih rapih/teratur. Setelah itu kemudian copy dan paste kedalam Flash, sesuaikan dengan urutan nomer Framenya.


Sudah?. Kalau sudah sekarang klik File > Publish Settings, setelah muncul jendela Publish Settings, (lihat gambar) beri tanda centang pada kotak Flash (.swf) dan Windows Projector (.exe). kemudian klik Publish

Keterangan:

Windows Projector (.exe) adalah file hasil publish yang bisa di buka meskipun komputer anda tidak terinstal software Flash, jadi file ini yang nantinya akan dikirimkan ke perusahaan yang anda tuju. Sampai disini proses pembuatan CV selesai.



Setelah langkah-langkah diatas anda ikuti dengan benar maka hasilnya akan seperti ini:



Selamat Mencoba!!

Download (.fla)

3 komentar: