• HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Corel Draw Tutorial : Berlatih Membuat Logo

Dalam tutorial kali ini kami mencoba untuk membuat sebuah logo sederhana dengan menggunakan Corel Draw X3. Sebagai contoh kita akan membuat logo KENTDesign.


Persiapan :
a. Buat dokumen baru. Klik File > New
Untuk ukuran dokumen terserah keinginan anda (sesuai dengan kebutuhan)
b. Pada Property Bar, ubah units menjadi cm

Langkah Kerja :
1. Buat kotak persegi panjang dengan ukuran 20 cm x 6.5 cm menggunakan Rectangle Tool (anda bisa langsung menekan tombol F6)
Klik pada obyek persegi panjang, atur ukurannya pada Property Bar.2. Beri warna gradasi sesuai keinginan anda
3. Buat huruf K di atas obyek persegi panjang
Contoh : font m-Ben Krush, warna merah
4. Buat efek outline hitam dengan menggunakan Interactive Contour Tool
Ket : Bila tidak kelihatan, klik tanda segitiga di pojok kanan bawah dari tool yang terletak persis di bawah Text Tool (Tanda Huruf A), lalu pilih Interactive Contour Tool

Atur parameternya pada Property Bar (Nilai yang dimasukkan sesuai kebutuhan)

Lalu pisahkan obyek hasil Contour tadi dengan obyek asalnya. Seleksi pada obyek hasil contour (warna hitam) atau seleksi keduanya dengan menggunakan area selection (menggunakan Pick Tool). Lalu Klik Arrange > Break Contour Group Apart. Atau tekan Ctrl (jangan dilepas dulu) lalu tekan huruf K pada keyboard.

5. Nah pembuatan efek outline beres sudah. Selanjutnya, beri efek Bevel pada huruf K. (huruf warna merah)
Klik Effect > Bevel. Atur parameternya seperti pada gambar.

Asyik kan …? Lanjut booosss …..

Untuk membuat agar tidak kelihatan polos, anda bisa memberi efek warna gradasi di atas obyek. Kali ini sebagai latihan kita akan memakai Interactive Transparency Tool (memang agak rumit sih, tapi biar kita lebih tahu tool-tool yang ada di Corel Draw. Setuju ngga’ ….?)

Caranya, Kembali ke langkah No. 4. Pilih obyek huruf K warna merah. Buat diplikat dengan menekan Ctrl+C (Edit > Copy). Lalu buat halaman baru dengan menekan tanda + yang ada di pojok kiri barah area kerja. Anda juga bisa menekan Klik kanan mouse pada garis batas halaman lalu pilih Insert Page After. Lalu tekan Ctrl+V (Edit > Paste)

Lanjutkan ke langkah No. 5. Setelah itu copykan obyek yang ada di Page 2 ke Page 1. Beri warna putih pada Fill color.
Untuk memberi efek gradasi, kita akan menggunakan alat Interactive Transparency Tool. Tool ini berada satu group dengan Interactive Contour Tool. (Masih ingat caranya bukan …? Kalo lupa, anda bisa lihat di langkah no. 4 tadi, lalu pilih Interactive Transparency Tool)
Seleksi obyek yang akan dibuat transparan. Klik dan drag sesuai keinginan anda. (bisa dari atas ke bawah, dari bawah ke atas,dsb). Sekarang sudah kelihatan lebih bagus kan ?

6. Efek Drop Shadow
Pilih obyek huruf K yang warna hitam. Klik Interactive Drop Shadow Tool (Satu group dengan Interactive Contour Tool seperti pada Langkah No. 4)

Atur parameternya sebagai berikut :
- Drop Shadow Opacity = 100
- Drop Shadow Feathering = 6
- Feathering Direction = Outside
- Tansparency Operation = Normal
- Drop Shadow Color = Putih

7.Ketikkan huruf ENT di belakang huruf K. Atur ukurannya sesuai kebutuhan. Beri efek Contour dan Bevel seperti pada langkah no. 4 dengan nilai parameternya sesuai keinginan anda. Atau anda bisa menambahkan efek gradasi dengan Interactive Transparency tool seperti pada langkah No. 5.
Beress …!

8.Sebagai Finishing, anda bisa menambahkan ornament-ornament seperti pada contoh jadi dengan menggambar sendiri atau mengambil dari koleksi gambar anda. Atau anda bisa menyimpan gambar di bawah ini. (klik untuk memperbesar gambar, lalu klik kanan pada gambar, pilih save image as, lalu simpan di media penyimpanan anda).


OK Boss ….? Selamat mencoba dan berjuang ….!!!

0 komentar:

Poskan Komentar