English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Membuat Animasi Efek Salju

Fenomena dukun cilik Ponari sepertinya akan terus menjadi berita menghebohkan di setiap media; baik tv, koran, majalah, dan media masa lainnya. Ini menunjukan bahwa betapa rendahnya kepercayaan masyarakat akan dunia medis, mereka lebih percaya kepada dukun ketimbang harus percaya kepada dokter. Mungkin karena alasan jika berobat ke dokter biaya yang harus di keluarkan sangat mahal, sehingga mereka lebih percaya kepada kemampuan dukun. Yah sudahlah, lagian bukan ini kok yang ingin saya bahas pada postingan kali ini, tapi yang akan saya bahas adalah tutorial membuat efek salju dengan menggunakan flash 8. heu..heu..

Seperti pada tutorial-tutorial sebelumnya, silakan Anda download terlebih dahulu file .fla-nya. disini. Kemudian simak beberapa penjelasan dari saya berikut ini:


Gambar 1
Sepeti terlihat pada gambar diatas, pada tutorial membuat efek salju ini terdiri dari dua komponen yang akan di animasikan, yaitu komponen salju dan text efek salju. Kedua komponen tersebut bisa Anda edit.

Gambar 2
Setelah Anda membuat komponen tersebut, kemudian letakan kedua komponen itu pada masing-masing Layer artinya satu Layer untuk satu komponen. Kemudian tambahkan satu Layer lagi untuk script animasi salju (lihat gambar), sehingga nantinya salju akan bergerak turun ke bawah (seperti salju beneran)

Gambar 3
Berikutnya komponen yang bisa Anda edit yaitu komponen text, gantilah text tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Caranya klik dua kali pada text kemudian ganti sesuai dengan yang Anda inginkan tadi.

Selanjutnya saya akan coba menjelaskan action script yang ada di Layer 1 dengan nama "code" kemudian klik pada frame 1 setelah di klik kemudian tekan F9 pada keyboard untuk menampilkan jendela Actions Frame.

Setelah jendela Action Frame muncul, kemudian akan terlihat kode seperti dibawah ini:

//--------------taktiku.com--------------
//-------------------------------------

Stage.scaleMode = "noScale"
Stage.align = "TL"

var nbre:Number=0;
var count:Number=0;
var randomtime:Number=0;
var impact:Array=new Array();
var taille:Object = new Object();

chuteobjet._visible=false;

onEnterFrame=function() {
time = getTimer();
if (time>=randomtime) {
count += 1;
duplicateMovieClip("chuteobjet", "chuteobjet"+count, count);
setProperty("chuteobjet"+count,_x,random(Stage.width));
setProperty("chuteobjet"+count,_y,0);
var echelle:Number=40+random(50);
setProperty("chuteobjet"+count, _yscale, echelle);
-----------------------------------------------------------
(jangan copy-paste kode ini, karena kode diatas hanya diambil separuh dari kode aslinya)
Apabila Anda ingin mengubah ukuran bola salju, menjadi lebih besar atau kecil cari kode yang berwarna merah kemudaian ganti angka-angkanya. Sebagai contoh saya akan merubah angkanya menjadi 100, sehingga kodenya akan seperti ini: var echelle:Number=100+random(100); maka, bola salju ukurannya akan sama besar.


Berikut adalah animasi efek salju:

Taktiku


>> Download .fla

Kurang lebih seperti itulah cara membuat animasi efek salju dengan menggunakan software flash 8.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar