• HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Membuat Preloader Flash

Untuk yang biasa berkutat dengan software Flash mungkin sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini, namun untuk yang baru belajar Software Flash mungkin akan lain ceritanya. Baiklah kalau begitu saya akan coba jelaskan sedikit tentang penggunaan preloader ini. Preloader biasanya di gunakan untuk display sementara pada saat browser sedang memanggil file gambar atau animasi yang ada pada flash/.swf, dengan adanya preloader ini maka akan ketahuan bahwa file Flash sedang di panggil untuk di tampilkan.

Preloader ini sering juga saya gunakan pada banner flash silahkan lihat di Gallery.


Taktiku


Animasi diatas adalah contoh .swf yang menggunakan preloader, preloader akan terlihat lebih lama apabila file .swfnya besar dan koneksi internet sedang lambat.

Ok, kalau begitu kita mulai saja Tutorial Flashnya, tapi sebelum itu silakan anda download opensource file flashnya disini.

Setelah opensource file Flash tadi di download kemudian silahkan anda buka filenya, maka akan terlihat seperti gambar diatas. Nah.. untuk Layer Calque 1 adalah untuk tempat preloader. Letakan preloader pada Frame 1. Kemudian untuk Layer Calque 2 adalah untuk tempat animasi yang telah anda buat.
Kurang lebih preloader tadi akan terlihat seperti gambar diatas.



Selamat mencoba.

>> Download .Fla


0 komentar:

Posting Komentar