English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Cara Membuat mp3 player Untuk Blog

s ]

Sering sekali atau kadang-kadang ketika kita melakukan blogwalking ke blog temen-temen kita melihat ada sebuah mp3 player yang dipasang di blog mereka , pernahkah terpikirkan bagaimana cara membuatnya, dan apakah lagu-lagu favorit kita bisa di upload kedalam blog kita?. Pada tutorial kali ini gue ingin berbagi bagaimana cara membuat mp3 player untuk di pasang di blog. Adapun kelemahan, kekuarangan atau apa ya??... :) mp3 player ini kapasitas filenya lumayan besar, tergantung dari kapasitas mp3 yang di import kedalam flash apakah besar atau tidak, mp3 yang gue import pada tutorial ini adalah lagu The Changcuters kapasitas filenya 4,81 MB kemudian di publish menjadi 493 KB lumayan agak lama sih loadingnya, tapi kalau koneksi internetnya lagi bagus bisa cepet loadingnya.


Seperti biasa sebelum kamu mempraktekan tutorial ini sebelumnya kamu download open source file nya dulu, klik disini untuk download. Kita mulai aja ya…


Import mp3 file favorit kamu kedalam flash dengan cara klik File > Import > Import to Library.

Kemudian setelah mp3 tadi di import kedalam library, untuk memunculkan library klik Window > library

Setelah library muncul kemudian double klik mp3 tadi tepatnya pada icon, dan akan muncul window baru yaitu Sound Propertis. lihat gambar, copy Identifier lagu, beri tanda centang pada linkage seperti terlihat pada gambar. Kemudian klik OK.

Selanjutnya tekan F9 pada keyboard, lalu klik pada layer 1 frame ke 2 (lihat gambar) kemudian pada Action-frame klik script assist, lalu klik script berikut: musik.attachSound("THE CHANGCUTERS - I Love U Bibeh.mp3"), lalu paste pada kolom ID Name. setelah itu tutup window Action-frame.

Sekarang kita akan mengganti title lagu, dengan cara double klik title lagu yang sudah ada, kemudian ganti dengan title mp3 favorit kamu. Selanjutnya langkah terakhir adalah mem-publish kedalam bentuk file .swf. lalu lihat file .sw tadi di directory file ini berada.

Dibawah ini adalah hasil akhir dari mp3 player pada tutorial kali ini.

Kalau kamu suka dengan lagu ini silakan copy code, kemudian paste di blog kamu.


Kemudian cara menampilkannya kedalam blog kamu ada dalam postingan gue sebelummya silakan klik disini

1 komentar: