English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • HOME

Jumat, 03 Juli 2009

Membuat Gadget Jam, Hari, Tanggal dan Tahun

Sering sekali ketika kita berjalan-jalan ke blog orang lain melihat ada sebuah gadget jam digital lengkap dengan keterangan hari, tanggal dan tahun yang di pasang di sebelah kanan blog tersebut. Termasuk blog ini yang juga memasang gadget ini. Lalu bagaimana cara membuatnya??

Baiklah, kalau Anda mau tau bagaimana cara membuatnya, silakan simak beberapa langkah berikut ini.

Seperti biasa, silakan download file mentahannya disini.

Extract dulu file yang sudah Anda download tadi, kemudian buka dengan menggunakan software Flash 8.

Langkah berikutnya klik dua kali pada bagian jam (yang berwarna hijau) apabila Anda ingin meng-edit script jam. Kemudian klik pada Layer 3, Frame no 2 (lihat gambar) lalu tekan F9 untuk menampilkan jendela Actions Script.

Kemudian apabila Anda ingin mengganti ukuran gadget, silakan klik Size pada tab Properties lalu ganti ukurannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelah semuanya selesai di edit, kemudian publish hasil edittan Anda menjadi file .swf. Caranya klik File > Publih


Langkah selanjutnya adalah meng-upload file .swf ke hostingan anda. Apabila Anda tidak punya tempat hostingan yang berbayar, solusinya yaitu membuat akun hostingan yang gratisan. Silakan baca tutorialnya :>> Cara Menampilkan Flash*(.swf ) Kedalam Postingan

Setelah file tersebut berhasil di upload ke hostingan Anda, langkah selanjutnya copy dan paste kode berikut ini di gadget blog Anda (untuk blogger.com)
http://www.geocities.com/ID yahoo /nama file.swf
width="lebar" height="tinggi"

Tapi sebelumnya ganti dulu kode yang berwarna merah diatas, sesuaikan dengan parameter file .swf yang di upload tadi.

Selamat mencoba.



>> Download .Fla

1 komentar: